Sunday, March 1, 2015

YOGYAKARTA







Yogyakarta atau yang sering disebut Jogja adalah salah salah satu tempat yang memiliki sejuta pesona. Mulai dari kebudayaan, peninggalan sejarah, pariwisata, kuliner, hingga sebutan kota pelajar yang menjadikan Yogyakarta sebagai tempat istimewa untuk dikunjungi.

Sebutan kota kebudayaan untuk Jogja berkaitan erat dengan peninggalan-peninggalan budaya bernilai tinggi semasa kerajaan-kerajaan yang sampai kini masih tetap dilestarikan oleh masyarakat. Sebutan ini juga berkaitan dengan banyaknya pusat-pusat seni dan budaya. Sebutan kata Mataram yang banyak digunakan sekarang ini, tidak lain adalah sebuah kebanggaan atas kejayaan Kerajaan Mataram.

Sebutan sebagai kota pariwisata menggambarkan potensi propinsi ini dalam kacamata kepariwisataan. Yogyakarta adalah daerah tujuan wisata terbesar kedua setelah Bali. Berbagai jenis obyek wisata dikembangkan di wilayah ini, seperti wisata alam, wisata sejarah, wisata budaya, wisata pendidikan, bahkan wisata malam.

Kuliner khas Yogyakarta yang tak mungkin dilupakan adalah gudeg. Masakan yang berbahan dasar buah nangka muda ini sangat pas dengan lidah orang Indonesia. Tak lengkap rasanya jika berkunjung ke Jogja tapi belum sempat mampir untuk mencicipi gudeg. Tak perlu bingung untuk mencari tempat yang menjual gudeg, makanan ini banyak dijual diberbagai tempat.

Predikat sebagai kota pelajar berkaitan dengan sejarah dan peran kota ini dalam dunia pendidikan di Indonesia. Disamping adanya berbagai fasilitas pendidikan di setiap jenjang pendidikan yang tersedia di provinsi ini, di Yogyakarta juga terdapat banyak mahasiswa dan pelajar dari seluruh daerah di Indonesia. Karena itu tak heran jika Yogyakarta disebut sebagai miniatur Indonesia.


Sekilas tentang Yogyakarta, semoga dapat memberikan sedikit informasi tentang kota gudeg ini :D

No comments:

Post a Comment